Cara Mengolah Daun Kelor Kering

Cara Mengolah Daun Kelor Kering

Kelor atau Moringa oleifera adalah salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat. Di negara maju terutama Eropa, daun Kelor tak hanya menjadi obat herbal, melainkan, juga diproduksi menjadi parfum dan beberapa produk kecantikan lain.

Hampir seluruh bagian tumbuhan kelor bisa dimanfaatkan. Pertama buah kelor, yang biasa disebut dengan kelentang, sering digunakan sebagai tambahan dalam masak sayuran. Sedangkan, bunga kelor yang beraroma wangi dapat diolah menjadi parfum. Kemudian bagian daun kelor menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut organisasi kesehatan dunia atau (WHO), sangat menganjurkan supaya anak-anak dan bayi mengkonsumsi daun kelor, hal itu dikarenakan kandungan yang terdapat dalam daun kelor, dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk. Bahkan anjuran ini sudah dilakukan oleh beberapa negara timur tengah, yaitu Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Menurut jurnal penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters, daun kelor dapat digunakan sebagai pengobatan kanker. Adapun jenis kanker yang dapat diobati dengan mengkonsumsi kelor, yaitu kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

Kenapa demikian?

Daun kelor kaya akan kandungan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lain yang berfungsi menangkal radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kelor juga kaya akan vitamin C dan E, kandungan ini berperan melindungi tubuh dan memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan. Jadi, konsumsi daun kelor secara rutin secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya jerawat, flek hitam dan bintik bintik merah di wajah yang diakibatkan oleh darah kotor.

Tak hanya itu, dalam hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa daun kelor mengandung vitamin A yang sangat tinggi, bahkan melebihi wortel dan tomat.

Berdasarkan hasil penelitian C. Gopelan, yang dilakukan di National Institute of Nutrition di Hyberabad, India, menyebutkan bahwa nutrisi kelor akan semakin tinggi apabila daun kelor dikeringkan dan haluskan menjadi bubuk.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor, saat ini sudah ada produk daun kelor dalam berbentuk teh, kapsul, bubuk, dan olahan makanan.

Note: jika dalam bentuk teh, sebaiknya anda mengikuti aturan minum daun kelor yaitu 2x dalam sehari, supaya tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Apabila ingin memiliki wajah yang bersih nan sehat, bubuk kelor bisa menjadi pilihan tepat sebagai masker wajah.
Cara Mengolah Daun Kelor Kering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rosyana
Loading...