Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Darah Tinggi

Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Darah Tinggi

Bagi masyarakat Indonesia tanaman kelor (Moringa oleifera) tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan, pada beberapa tahun belakangan ini popularitas daun kelor melejit tajam.

Hal ini sudah dibuktikan dari banyak peneliti yang menemukan beragam kandungan didalam daun kelor yang bermanfaat sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut Tati Winarto, herbalis dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, mengatakan daun kelor adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak kandungan gizi salah satunya adalah vitamin A dan kalsium.

Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor berfungsi menjaga kesehatan mata dan mengurangi presentase risiko terjadinya mata minus, plus, silinder dan katarak.

Ini tentu kabar baik bagi penderita diabetes, karena konsumsi daun kelor dapat membantu menjernihkan pandangan mata.

Menurut organisasi kesehatan dunia atau (WHO), sangat menganjurkan supaya anak-anak mengkonsumsi daun kelor, hal itu dikarenakan kandungan yang terdapat dalam daun kelor, dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk. Bahkan anjuran ini sudah dilakukan oleh beberapa negara timur tengah, yaitu Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Tingginya kandungan gizi yang terkandung dalam daun kelor dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASi, sehingga akan berdampak baik pada tumbuh kembang bayi. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu menyusui memperbanyak konsumsi daun kelor sebagai ganti sayuran lainnya.

Selain itu, daun kelor juga diyakni dapat membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap normal.

Dalam jurnal Phytotherapy Research, yang menyebutkan, bahwa daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang sudah terbukti mempu membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Sedangkan... kandungan phytoconstituent bioaktif dalam daun kelor berperan dalam membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Bagaimana, apa masih ragu mencoba alternatif ini? Berikut cara meracik daun kelor sebagai alternatif alami menurunkan tekanan darah dan kolesterol agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya:
  • Siapkan daun kelor kering, madu dan air panas.
  • Masukan daun kelor kering kedalam gelas 250ml, dan isi gelas dengan air panas.
  • Aduk hingga air berubah warna, dan biarkan sedikit dingin.
  • Untik mebammen cita rasa, kau vusa menambahkan sedikit madu murni.
  • Terakhir, segera minum selagi masih hangat.
Mudah bukan?

So, supaya informasi ini lebih bermanfaat, ayo share ke media sosial anda.
Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Darah Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rosyana
Loading...