Tanya Dokter Kulit: Tips Menjaga Kesehatan Kulit Alami


Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh dan jika dibentangkan maka memiliki luas dua meter persegi atau setara dengan penutup pintu. Luas kulit memiliki fungsi untuk melindungi jaringan, otot serta organ dalam tubuh. Kulit juga berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia dan menjadi indra peraba. Kulit manusia menjadi produsen vitamin D dalam menjaga kesehatan tulang. Saat ini banyak penyakit kulit yang dapat menyerang manusia sehingga Halodoc hadir dengan tanya dokter kulit kapan saja dan dimana saja.

Berikut adalah tips membuat kulit sehat dan awet diantaranya:

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya minimal menggunakan SPF 15 terutama pada bagian tangan dan wajah yang rentan menghadap sinar matahari.
  2. Mulai berhenti merokok karena merokok akan menyebabkan kulit lebih cepat kusam dan keriput, bahan beracunnya dapat menjadi radikal bebas.
  3. Hindari untuk melakukan ekspresi wajah secara berulang, mulai dari cemberut, mengerutkan dahi maupun menyipitkan mata karena otot bagian bawah kulit akan berkontraksi secara terus menerus dan menyebabkan garis permanen pada wajah, sebaiknya gunakan kacamata hitam jika matahari terlalu silau dan perbanyak senyum dibandingkan mengerutkan dahi.
  4. Menerapkan pola makan seimbang dan sehat dengan vitamin C, B dan E dari tomat, wortel maupun sayuran hijau serta kacang almond.
  5. Batasi konsumsi alkohol yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering serta membuat tubuh terlihat lebih tua.
  6. Rajin berolahraga secara rutin selama 30 menit untuk menjaga sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  7. Jangan terlalu sering menggunakan scrub penyebab kulit menjadi kering dan iritasi sebaiknya mengeringkan kulit ketika selesai dibersihkan.


Untuk menjaga kulit maka mulai berhenti mempercayai mitos yang tidak benar seperti mencukur rambut akan membuat rambut semakin tebal melainkan rambut tidak bertambah. Mitos mengelupas kulit akan membuat pertumbuhan rambut terlambat hal ini tentu salah lebih baik menggunakan metode cukur atau waxing karena pengelupasan akan menyebabkan sel permukaan wajah menjadi menyasar. Semakin menyikat kulit maka selulit tidak akan hilang.

Mitos lainnya adalah menggunakan SPF terlalu tinggi akan membuat kulit menjadi gelap sehingga perlu memperhatikan nilai SPF. Banyak yang mempercayai vitamin E baik untuk bekas luka padahal hal ini akan menyebabkan iritasi pada kulit atau disebut sebagai dermatitis kontak. Begitu juga dengan mitos air laut akan menyembuhkan luka justru sebaliknya air garam tidak steril dan membuka luka dan infeksi semakin parah.

Berikut adalah menjaga kulit dengan alami diantaranya:

  1. Menggunakan serum wajah, dengan menyediakan tiga butir vitamin C lalu menambahkan air mawar, minyak zaitun lalu aduk rata dan oleskan pada wajah dapat menghilangkan bekas dari jerawat.
  2. Menggunakan pelembab bibir alami dari air lemon, minyak kelapa, minyak almond, lilin lebah dan botol lip balm bekas dengan menghangatkan bahannya lalu memasukkannya dalam botol hingga dingin dan menjadi lip balm alami.
  3. Menggunakan krim mata dari pisang, yogurt plain yang diaduk secara merata lalu didiamkan dibawah mata selama 20 lalu dibersihkan.

Tanya dokter kulit menjelaskan bahwa tidur tengkurap akan membuat penumpukan cairan pada wajah sehingga kehilangan kolagen dan mengendur. Sebelum tidur sebaiknya membersihkan muka menggunakan pembersih sehingga akan menjauhkan wajah dari keringat maupun kotoran dan debu. Sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan produk kecantikan karena jika tidak akan membuat kulit iritasi dan kering, begitu juga dengan kebiasaan jarang minum air.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Kulit: Tips Menjaga Kesehatan Kulit Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel