Mau Catatan Keuangan Bisnis Anda Bagus? Hindari 3 Kesalahan di Bawah Ini!


Aplikasi pencatat keuangan adalah alat yang bisa meminimalisir kesalahan akuntansi yang terjadi dari waktu ke waktu. Banyak kesalahan akuntansi umum dapat dihindari dengan perencanaan dan persiapan yang tepat apalagi jika memiliki aplikasi atau software keuangan yang mendukung.

Semua orang tahu bahwa biasanya dibutuhkan lebih banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan daripada memperbaikinya pertama kali.  Menariknya, jauh lebih murah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan di awal daripada menunggu untuk memperbaiki masalah nantinya.

Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Mencatat Keuangan Bisnis

Jika Anda memperlakukan bisnis Anda seperti proyek jangka panjang, maka Anda harus proaktif. Anda harus menyadari kesalahan umum yang dilakukan orang lain dan memperbaikinya sejak dini.

Menghindari kesalahan tidak hanya akan menghemat waktu, uang, dan stres, tetapi juga memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar dengan operasi yang lebih ramping dan kepuasan pelanggan yang lebih baik. Berikut ini adalah kesalahan akunting umum yang sering dilakukan pemilik usaha kecil.

Gagal Mengikuti Prosedur Akuntansi

Bahkan pemilik usaha kecil, wiraswasta, dan freelance harus menyiapkan prosedur formal, terdokumentasi, dan terperinci untuk mengelola prosedur pembukuan dan akuntansi serta untuk melakukan tugas rutin lainnya.

Langkah yang bermanfaat adalah mengembangkan formulir dan daftar periksa terstandarisasi untuk diselesaikan agar memastikan konsistensi dan akurasi. Misalnya, Anda ingin mendokumentasikan proses pengaturan vendor baru.

Anda akan memerlukan nama vendor, alamat, nomor telepon di antara dokumen lain seperti sertifikat asuransi, surat rekomendasi, atau kontrak yang ditandatangani. Maka Anda harus memasukkan informasi ini ke dalam catatan pembukuan sehingga Anda dapat memproses pembayaran.

Bekerja Tanpa Anggaran

Buat anggaran sehingga Anda memiliki garis dasar untuk menilai hasil operasi bisnis Anda. Anggaran tidak hanya berguna dalam mengendalikan pengeluaran yang berlebihan tetapi dapat digunakan untuk menetapkan tujuan keuangan yang realistis dan tertulis.

Anggaran harus selalu didasarkan pada realita, tetapi Anda tentu dapat menggunakan anggaran untuk menetapkan tujuan keuangan yang wajar, apakah itu meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya operasional.

Membuat Kesalahan Entri Data

Kesalahan entri data terjadi dari waktu ke waktu. Meskipun Anda tidak dapat mencegah semua kesalahan entri data, Anda dapat memiliki kebijakan untuk melakukan berbagai rekonsiliasi tepat waktu untuk memastikan bahwa entri data terdeteksi dengan cepat dan dapat diperbaiki.

Misalnya, Anda ingin melakukan rekonsiliasi bank bulanan, serta rekonsiliasi piutang dan hutang. Anda juga dapat menjalankan variansi anggaran untuk mengidentifikasi kemungkinan kesalahan dalam mengklasifikasikan pendapatan dan pengeluaran secara berkala untuk memastikan bahwa semua penerimaan dan pengeluaran sesuai.

Transaksi yang tidak biasa harus ditinjau untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan entri data yang dibuat dan bahwa transaksi tersebut akurat.

Anda yang ingin lebih bernafas lega ketika melakukan pencatatan keuangan, gunakan saja aplikasi pencatat keuangan dari Buku Kas. Aplikasi ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk terus mengoperasikan keuangan bisnis Anda. Aplikasi keuangan gratis Buku Kas bisa diunduh di Play Store atau App Store.

Belum ada Komentar untuk "Mau Catatan Keuangan Bisnis Anda Bagus? Hindari 3 Kesalahan di Bawah Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel